Tips Menghindari Baby Blues dan PostPartum Depression serta Mempercepat Recovery pasca Melahirkan - Pengalaman Pribadi

Hi gaes  lama ya aku ga menulis hhe. Kali ini aku mau *come back* di dunia blogging setelah bertahun-tahun ke dunia vlogging wkwk. Semoga beneran ya terealisasi πŸ˜‚

Tulisan pertamaku kali ini,  mau aku dedikasikan buat para ibu yang baru melahirkan.  Kalian luar biasa 😊, kalian adalah wanita kuat yang mau bertaruh segalanya untuk melahirkan dan merawat anak-anak kalian. Semoga semua yang kalian lakukan mendapatkan balasan pahala yang besar dan anak yang tumbuh baik di masa depan. Aamiin πŸ™πŸ˜Š✨

Sebelumnya,  terimakasih buat yang setia mengikuti blog ini walaupun sudah bertahun-tahun hiatusnya hhe maafkan aku ya πŸ™

Nah kali ini aku mau berbagi pengalaman mengenai baby blues. Sebenernya aku juga ga tau apakah aku mengalami baby blues atau post partum depression. 

Jadi alkisah, aku sempat mengalami stress berat pasca melahirkan,  btw sekarang babyku (Yuji, kalo yang ngikutin YouTubeku/IG pasti tau hhe)  sudah 10 bulan (beberapa hari lagi sih πŸ˜‚),  tapi aku sudah sangat amat baikan secara mental dan raga dibanding 1-3 bulan pertama pasca melahirkan. πŸ˜„


Berikut hal-hal yang bikin aku sempet stress berat pasca melahirkan:

1. Melahirkan kali ini adalah pengalaman pertamaku. Selain itu hanya mengurus berdua dengan suami dari hamil bahkan saat melahirkan cuma berdua aja. Bawa pulang bayi dan juga ngurus bayi merah bener-bener cuma berdua dan sama-sama ga punya pengalaman. 


Beberapa jam setelah melahirkan

2. Melahirkan dimasa pandemi benar-benar ga hanya bikin was-was terus, tapi juga goncangan financial yang bener-bener kami alami juga bikin stress berat. Kan anak pertama jadi pengennya bisa kasih fasilitas banyak,  tapi pandemi bener-bener hal yang ga diduga sih. Juga sempet kan WFH atau PSBB tu lho yang kita harus di rumah terus,  beneran di rumah terus tu bikin gila banget,  aku berbulan-bulan stay di rumah doang..Booom stress banget. 

Aku di rumah terus, cari kesibukan ngedit video

3. Komentar-komentar baby shaming ke Yuji (kalo sekarang sih nganggepnya udah biasa aja πŸ˜… kayak lebih ke cuek gitu karena bayi kan ciptaan Tuhan, kalo ada yg baby shaming, yowes dia menghina Tuhan dong) dan juga komentar-komentar tentang parenting yang menurut ibu-ibu yang sudah berpengalaman itu salah harus banget dikritik. Padahal kan kalau ada ibu baru pertama punya anak,  hal tersebut menurutku wajar kalau sering salah atau keliru.
Sebenernya ngasih tau juga gapapa sih, tapi harusnya dengan kata-kata yang enak juga tidak menyalahkan dan membandingkan sama anak-anaknya. Soalnya ibu baru melahirkan itu mentalnya belum stabil, kurang istirahat, juga pengaruh hormon makanya mudah tersinggung. Buat yang tukang kritik,  mungkin sebaiknya ditahan aja deh kalo mau kasih tau ibu habis melahirkan, atau pakai kata-kata yang halus agar tidak tersinggung. *Cmiiw ✌

Dulu aku baper abis kalo bayiku suka dikatain di sosmed atau langsung

4. Faktor Kecapean, begadang tiap hari, tidur cuma 3 jam setiap hari.  Belum harus masak,  nyuci baju,  mompa ASI,  nyusuin, bersih-bersih rumah. Sementara itu,  aku tipe yang ga bisa tidur siang gitu lho, jadi kalo baby tidur aku ngapa-ngapain ga bisa diem. Eh malemnya baby begadang,  jadi kurang istirahat deh. 


5. Mastitis atau payudara bengkak. Karena baru pertamakali menyusui, jadi masih payah banget,  ga tau kalo PD penuh harus dipompa biar ga Mastitis. Juga pelekatan (latching) yang benar tu kayak apa masih sama-sama belajar (aku dan Yuji) . Alhasil kena Mastitis sampai 2 kali,  menyiksa banget,  PDnya sakit banget mana kanan-kiri,  tiap nyusuin pasti sambil nangis selama berminggu-minggu. Huhu kalo inget Yuji sekarang dah pinter nyusu suka terharu dehπŸ˜’πŸ˜­πŸ˜„. 

ini sekarang usia 16 bulan (Agustus 2021) alhamdulillah masih nyusu

Nah itu tadi faktor-faktor yang bikin aku stress berat pasca melahirkan. Mungkin ada yang lain tapi aku lupa hhe. Kurang lebih sih itu. Kalau moms yang baca disini ada ga pengalaman baby blues atau postpartum depression ?  Share ya di kolom komentar insyaallah aku balas. πŸ˜„

Oke lanjuut, karena sekarang aku udah merasa baikan , ga baby blues gitu. Btw waktu itu parah banget sih,  aku sampe sering nangis,  bawaannya pengen nangis terus padahal ga da apa-apa. Juga sempet ga ada ikatan batin gitu sama bayi,  terus suka marah-marah,  sampe pengen bunuh diri juga (ini jujur parah banget sih). 

Kali ini aku mau berbagi, Tips agar terhindari dari baby blues atau postpartum depression juga agar lekas recovery pasca melahirkan. Tapi sebelumnya,  tips ini murni dari pengalamanku pribadi ya,  tidak ada penelitian lebih lanjut atau bukan dari ahli,  namun semoga bermanfaat. πŸ˜€πŸ˜„πŸ™ Hihi maaf intronya lama,  karena kan ini COME BACK gitu ceritanya (halah)  πŸ˜‚πŸ˜‚





Tips Menghindari Baby Blues dan PostPartum Depression serta Mempercepat Recovery Pasca Melahirkan:

1. Istirahat yang cukup. 
Memang susah sih kalau masih awal-awal buat dapet jam istirahat apalagi yang ga dibantu sama sekali. Tapi usahakan gantian jaga sama suami, juga kalau bayi tidur kita ikut tidur (aku tetap mencoba tips ini walaupun susah wkwk),  tunda pekerjaan rumah atau minta bantuan kalau bener-bener udah ga sanggup. 

2. Makan tepat waktu.
Terkadang kalau punya bayi,  kita bisa sampai lupa makan ya. Tapi makan itu penting banget lho buat bikin tetap sehat dan waras. Jadi usahakan makan tepat waktu walaupun harus disuapin atau sambil nyusuin moms. Pokoknya kudu makan sama nyemil biar ga lemes. 

Ini waktu bikin konten kulineran
Mampir ya ke YouTube kulineran kami

https://www.youtube.com/channel/UCNdCcRgtSspAC0fcOg8-8yw

3. Puasa sosmed.
Ini aku sempet puasa sosmed, jadi aku bisa ga buka sosmed berhari-hari juga semua komentar aku matiin. Kalau aku pengen posting Feeds/Story aku tetep posting tapi komennya aku matiin. Itu bener-bener penyelamat banget sih dari kejulidan. Hhe.
Soalnya kadang emang maksud netijen komen biasa aja,  tapi mental kita yang ga stabil jadi bikin salah paham. Selain itu buat menghindari baby shaming dan pujian berlebihan. 

Puasa Sosmed

4. Olahraga ringan
Agak sulit memang untuk ibu baru melahirkan berolahraga. Tapi karena hobi aku olahraga,  dan melakukan hobi itu menghilangkan hormon stress, jadi aku lakuin aja olahraga ringan. Sesempatnya yang ga ngoyo gitu. 

Ini sih olahraga pertama yang aku lakukan 7 hari setelah melahirkan:


Dan tips-tips olahraga yang aku bagi untuk ibu yang baru melahirkan:



dan olahraga-olahraga lain yang aku share di YouTube,  jadi yang aku share itu hanya sebagian karena kalo aku sendiri setelah melahirkan,  fokusnya buat mengembalikan massa otot. Yaa alhamdulillah setelah masuk 6 bulanan habis melahirkan,  massa ototku dah kembali dan kekuatan juga kembali, jadi latihannya dah bisa kayak sebelum hamil itu.  πŸ˜„

5. Sering-sering jalan-jalan.
Mau itu jalan-jalan indoor atau outdoor,  tapi sering-seringlah jalan-jalan. 
Walaupun jalan sama bayi itu riweh ya,  tapi ada kesenangan tersendiri,  kita jadi refresh dan seneng aja gitu lho memandang alam,  mengenalkan ke bayi berbagai macam hal. Hm.. mungkin karena aku sering jalan-jalan jadi sekarang Yuji ga takutan terus cepat paham benda-benda dll. πŸ˜„

Jalan di Jogja Bay-kan tutup lama, jadi kita bisa photo-photo di depannya
April 2021

Oya, kan aku parnoan tuh orangnya,  jadi aku kalo jalan-jalan ke tempat yang sepi gitu,  terus bener-bener jaga jarak. Yaa kemana-mana cuma bertiga buat antisipasi. Kalo ada yang mau gendong Yuji aku ga boleh,  biarin pelit, orang lagi pandemi kok aneh 😡.

Hihihi ya kita kan antisipasi aja ya bunds.

6. Ceritakanlah kondisi kita pada orang terdekat yang kita percaya

Kalo ku jujur ya, aku susah percaya sama orang. Jadi ya aku apa-apa ya cuma cerita ke suami.  Aku minta pengertiannya kalo aku sering marah-marah,  aku minta support. Terus aku jelasin kayaknya aku kena baby blues,  jadi aku minta support biar aku bisa sembuh. Alhamdulillah suami bisa ngerti dan support. Huhu makasih suami aku lope. πŸ’–

Jadi moms harus terbuka,  apa yang moms rasain,  misal capek,  out ng,  gelisah atau apapun itu harus terbuka jangan dipendam. Sekiranya butuh bantuan profesional, jangan ragu-ragu untuk cari bantuan ya moms. Semakin cepat ditangani semakin baik.

Hm.. Terus apalagi ya,  ya kayaknya hanya itu yang bisa aku bagikan. Alhamdulillah sekarang udah berangsur membaik, meski masih suka marah-marah tapi ga separah awal-awal melahirkan sampe pengen bundir. 😱 huhu kalo inget sedih banget dan ga nyangka bakalan baby blues-malah mau ke PPD 😭😒

Sekian moms atau kalian gaes yang baca tulisan (curhatan)  aku kali ini wkwkwk. Semoga bermanfaat 😊 baik untuk yang sedang terkena baby blues atau ppd, atau yang sekedar ingin mengetahui hal tersebut. 

Tetap semangat ya moms, kamu adalah manusia yang kuat. Mudah-mudahan apa yang kamu korbankan akan berbalik menjadi pahala serta anak yang tumbuh berbakti padamu. Aamiin πŸ™πŸ˜Š

Peluk jauh untuk semua moms yang baca tulisanku ini. πŸ€—πŸ’–

Love πŸ’–πŸ’–πŸ’–

-Barbie Gym Yk (Amel)  -

Komentar